Buku ini adalah kesaksian hidup Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si. tentang nilai-nilai hidup, mukjizat, dan kebaikan-kebaikan Tuhan yang telah dialaminya.
Bagi Bupati Kabupaten Sorong periode 2017—2022 ini, semua peristiwa, musibah, kejatuhan, dan kebahagiaan adalah bagian dari proses membentuk kita yang lebih baik. Karena itu, kita harus percaya penuh kepada garis rencana Tuhan sehingga kita tetap bersetia melangkah meski harus melalui proses getirnya sebuah ujian.
Tugas manusia adalah menjalankan tanggung jawab untuk dapat melayani sesuai dengan perannya masing-masing. Karena itu, kita ada di dunia ini harus mengarahkan diri menjadi orang yang memberi arti bagi diri dan sesama lewat karya pelayanan. Memberikan pelayanan pada orang lain sesungguhnya kunci hidup kita bermakna dan terberkati.
Oleh karena itu, jabatan sebagai bupati yang diberikan Tuhan itu ia gunakan sebesar-besarnya melayani dalam bentuk kebijakan dan program-program yang baik dan tepat guna. Kepemimpinan bakti negerinya selamanya berorientasi kepada pelayanan sesama di bumi Tuhan.
Semoga kitab memoar ini menjadi inspirasi dan pencerahan bagi diri dan sesama dengan hati yang tulus, ikhlas, dan terang iman.