ayu magnet

Lahir di Lamongan, Jawa Timur, Ayu Arman dikenal sebagai penulis biografi politik yang prolifik dari pemimpin-pemimpin daerah. Ia kuliah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan mengawali karier kepenulisannya sebagai seorang jurnalis life style.

Di masa mahasiswa, ia banyak menulis artikel dan kolom yang memperjuangkan kesetaraan gender dalam Islam. Ia juga ikut membangun Komunitas Front Advokasi Perempuan (Fajar), sebuah ruang yang mengusahakan kesetaraan dan keadilan perempuan melalui diskusi dan kesenian di Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Ciputat, Jakarta (2000-2003). Ia juga terlibat dalam Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM) dan aktif menyuarakan keberagamaan budaya Indonesia. Beberapa kali ia diundang menjadi pembicara di gelanggang konferensi internasional di Jakarta dan di The Ozasia Festival, Adelaide, Australia dengan topik “Islam and Diversity Contemporary Indonesia”.

Buku pertamanya, Kala Perempuan Diuji: 18 Kisah tentang Kekuatan Para Perempuan Melampaui Cobaan (Suluk, 2008). Buku ini merupakan refleksi dari perjalanan dan perjumpaannya dengan beberapa korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang ia temui. Kisah-kisah yang dituturkan oleh perempuan dalam buku ini adalah nyata adanya, yang kemudian ia ikat dalam sebuah cerita, yang berangkali dapat menjadi kekuatan para perempuan dalam mengarungi kehidupan.

Buku-buku Ayu Arman yang lain kemudian mengambil genre biografi para tokoh politik dan biografi kawasan wisata Nusantara, antara lain: Mengantar Raja Ampat ke Pentas Dunia, Biografi Drs. Marcus Wanma (Nala Publishing, 2009)Lelaki itu Hugua, Bertindak Lokal Berefek Global (Nala Publishing, 2010); Namaku Namto, Berpikir, Bertindak, dan Berbuat (Nala Publishing, 2012), Raja Ampat: History and Culture (Nala Publishing, 2012); Menuju Murung Raya Emas 2030: Sebuah Pikiran dan Tindakan (Nala Publishing, 2013); Memerdekakan Murung Raya untuk Indonesia: Sebuah Biografi Dr. Ir. Willy M. Yoseph (Nala Publishing, 2013); Derap Langkah Kepemimpinan Marinda Dalam Membangun Raja Ampat 2002-2015 (Nala Publishing, 2014); From Deep Inside dr. Moch. Affandi, Sp. KK (K), Penggagas Klinik Estetika-1948-2005 (Nala Publishing, 2015); Kemala Motik, Sebuah Biografi (Nala Publishing 2015); Festival Teluk Jailolo, Celebrating the People, Culture, and Nature of West Halmahera; Memimpin Mamuju Utara dengan SMART, Sebuah Biografi Ir. Agus Ambo Djiwa (Nala Publishing 2016); 10 Tahun Wakatobi, 10 TOP Pariwisata Indonesia: Sebuah Rekam Jejak Kepemimpinan Ir. Hugua di Wakatobi (Nala Publishing 2017); MISOOL, The Kingdom of the Sea. The Paradise of Raja Ampat (Nala Publishing, 2017).

Biografi yang ditulis Ayu Arman tidak hanya mengurai kisah perjalanan hidup sang tokoh saja. Dalam setiap buku biografi garapannya sarat dengan nilai-nilai lokalitas dari daerah sang tokoh. Apalagi dipadu dengan gaya Ayu Arman menulis dengan narasi yang sastrawi membuat tokoh-tokoh yang dipanggungkanya dalam buku selalu tampak hidup. 


Email: ayu.arman6@gmail.com | Twitter: @ayuarman1

Website: ayuarman.net | IG: @ayu.arman